Minggu, 12 Februari 2012

Harvest Moon A Wonderful Life merupakan game yang dibuat dan dikembangka oleh Natsume. Dalam Harvest Moon A Wonderful Life, telah dibuat banyak perombakan dan tentunya akan banyak dijumpai hal-hal baru yang ditampilkan, yang sebelumnya belum pernah kamu jumpai pada seri sebelumnya. Hal-hal baru pada Harvest Moon A Wonderful life adalah karakternya, hewan ternak, hewan peliharaan, situs peggalian, memancing, permainan, mengolah benih tanaman, mesin pembuat pupuk, mesin pemerah susu, mesin pembuat keju dan mentega, tanaman buah.



Game Harvest Moon ini adalah game yang bebas maka hanya diberikan beberapa tips yang mungkin berguna. Keseluruhan game ada 6 Chapter yang totalnya adalah 10 tahun dengan perincian satu tahun ada 4 musim dan satu musim ada 10 hari. Perlu diperhatikan juga kalau waktu dalam Harvest Moon kali ini tetap berjalan walaupun kamu berada dalam rumah ataupun kandang ternak, hanya melatih anjing saja waktu akan berhenti jadi manfaatkan waktu sebaik-baiknya.


        Cerita

       Takakura adalah teman lama ayahmu, persahabatan mereka terjalin sejak mereka masih muda. Suatu hari mereka berdua pergi mengembara dan secara tak sengaja mereka menemukan sebuah tempat yang indah, Forgotten Valleydemikianlah orang menamaka tempat itu. Ayahmu memiliki cita-cita untuk membuka sebuah perkebunan di tempat itu, lalu bersama Takakura mereka berusaha untuk mewujudkannya. Tetapi ayahmu belum sempat mengelolanya terlalu lama, setelah berhasil membuka perkebunan itu ia meninggal dunia dan mewariskannya padamu.


       Waktu berlalu, akhirnya kamu pergi mengunjungi perkebunan peninggalan ayahmu. Di sana kamu bertemu dengan Takakura, ia tampak senang dan meyambut kedatanganmu dengan ceria. Selanjutnya ia memintamu untuk mengurus perkebunan itu, maksudnya untuk melanjutkan apa yang telah dicita-citakan oleh ayahmu. Akhirnya kamu menyanggupinya dan Takakura segera mengajakmu berkeliling untuk melihat perkebunan peninggalan ayahmu. Tempat itu terlihat usang dan sedikit berantakan karena sudah terlalu lama ditinggalkan. Dengan bantuan Takakura dan sedikit modal awal warisan ayahmu, kamu berusaha membangun dan menghidupkan kembali perkebunan itu.

      Kamu harus mengumpulkan uang dari hasil bercocok tanam dan memelihara ternak, kemudian kamu juga dapat memancing, mengambil hasil hutan ataupun melakukan penggalian di situs arkeologi untuk mendapatkan uang tambahan. Selain itu kamu harus bersosialisasi dengan semua penduduk desa da di akhir tahun kamu harus berhasil menikahi seorang gadis untuk dijadikan istrimu.



       TANAH PERTANIANMU 



  • Rumah/Home


      Rumah kecil tempat tinggalmu. Kamu bisa membawa anjing ke dalam rumah ataupun meninggalkannya di kandang. Selain itu bisa menonton TV, membaca beberapa petunjuk permainan, save game di buku hijau dan terutama tidur untuk memulihkan tenaga. Selain itu bisa melihat Kalender untuk mengetahui hari-hari penting, terutama juga melihat Diary untuk mengetahui status hewan ternak dan lainnya. Selain itu ada pemutar musik yang bisa kamu ganti lagunya jika memiliki piringan hitam lainnya.Berikut Musik piringan hitam yang bisa kamu dapatkan dari tetanggamu :

  THE BRIDE
berteman dengan Chris dan berbicara padanya saat ia ada di rumahnya

  JAZZ MARINE
berteman dengan Griffin dan berbicara dengannya saat ada di dalam kamarnya pada jam 2 pm

  BUTTERFLY
berteman dengan Marline dan bicara dengannya saat berada di air terjun

   TOWN SPIRIT
berteman dengan Sebastian dan bicara dengannya pada saat dia ada di kamarnya

   SUMMER MEMORIZ
berteman dengan Carter dan bicara dengannya pada saat dia ada di pantai




   JOY OF FALL
berteman dengan mahkluk putih bernama Mukumoku pada musim winter

   64 MEMORIZ
menangkan permainan kassey dan patrick sebanyak 10 kali



  • Food Storage/Gudang Penyimpan Makanan

     Letaknya tepat di seberang kandang anjing. Bangunan ini cukup tinggi tapi tidak terlalu besar. Takakura sering berada di sini pada pagi hari untuk melihat barang yang hendak kamu jual. Ada beberapa tempat barang yaitu:

      
  • Box biru bertuliskan FARM
  • Simbol : box biru
  • Kegunaan : Memindahkan 5 barang di Rucksack untuk disimpan di Dairy Shipping Bin seperti Milk (susu), Eggs (telur), Crops (hasil panen), maupun  Crop Seeds (bibit).
  • Kotak berwarna coklat samping kiri box biru
  • Simbol : Buku G Biru
  • Kegunaan : Order Form yaitu mengisi formulir untuk pemesanan barang-barang yang kamu butuhkan ataupun menjual barang. Selain itu membuka  Order Form ini juga mendapatkan catatan dari Takakura mengenai penjualan sebelumnya untuk menambah uang.

Berikut barang-barang yang bisa dipesan yaitu :


  • Bagian Order Animal or Miracle Potion
Bisa memesan Cow (sapi), Sheep (domba), Chicken (ayam), Miracle Potion. Untuk ternak bisa dalam beberapa kategori, misalkan untuk Cow juga dijual Bull (Banteng).Berikut daftar hewan ternak versi harvest a wonderful life:
  1. Normal          4000 G (Bull) 3000 G
  2. Brown           5000 G (Bull) 4000 G
  3. Marble          5000 G (Bull) 4000 G
  4. Star               7000 G (Bull) 6000 G
  5. Domba          1500 G
  6. Kambing        4000 G
  7. Ayam betina   900 G
  8. Ayam jantan   900 G


  • Bagian Order Extension
Jika hendak memperluas sesuatu selain rumah dan Kandang Ternak yang otomatis kamu dapatkan seiring Chapter yang kamu mainkan, maka bisa memesannya di sini.
  • Bagian Sell an animal
Menjual hewan ternak yang tidak kamu butuhkan.
  • Keranjang di sebelah kanan box biru
  • Simbol : Keranjang anyaman
  • Kegunaan : Crop Shipping Bin yaitu menyimpan maksimum 51 hasil panen dan lainnya yang hendak dijual.
  • Freezer/Lemari Es
  • Lemari berwarna biru di ujung ruangan.
  • Kegunaan : Menyimpan tanaman liar maupun hasil panen yang hendak kamu simpan untuk keperluan memasak maupun lain-lainnya.
  • Tool Shed/Tempat Peralatan
       Gudang peralatan yaitu bangunan kecil seberang Food Storage. Awalnya tersedia Watering Can S, Heavy Sickle, Heavy Hoe saat memeriksa dinding kiri. Di sini juga ada Calf Hutch (tenda bayi sapi) dan Isolation Fence (pagar untuk sapi hamil). Ada Shelf/lemari kecil di ujung kanan ruangan untuk menyimpan total 108 buah benda seperti awalnya yaitu Tomato Seed (bibit tomat) dan Quiet Winter (piringan hitam). Selain itu ada Trash/tong sampah untuk membuang item yang tidak kamu perlukan, cukup tekan X saja. Jika kamu telah membeli Seed Maker maka akan ditempatkan dalam ruangan ini.


  • Barn/kandang Ternak Besar
       Awalnya kamu sudah mendapatkan satu ekor sapi jadi rawatlah dengan baik. Ada Fodder Dispenser untuk mengambil Fodder ataupun Good Fodder dengan menekan tombol X. Letakkan Fodder pada feed box. Untuk memasukkan hewan ternak maka bisa menekan tombol merah dekat pintu. Untuk melihat kondisi hewan ternak periksa papan tulis bergambar binatang agar bisa mengetahui kondisi hewan ternak dalam Barn ini. Untuk mengeluarkan hewan ternak ke padang rumput cukup tekan tombol merah pada pintu belakang Barn di sisi luar. Ada tempat sampah pada dinding kandang yang sejajar tempat mengambil fodder, awalnya untuk membuang sampah tapi jika telah memiliki mesin pembuat pupuk bisa untuk membuat pupuk dari barang yang tidak berguna. Selain itu jika kamu telah membeli Milking Room (ruang pemerah susu) cukup dorong ternak ke pintu ruangan ini yang terdapat dalam Barn agar susu diperah secara otomatis.


  • Takakura’s House/Rumah Takakura
       Gubuk kecil dekat Food Storage ini merupakan rumah Takakura. Kamu bisa memasukinya untuk melihat kamar ini, jika malam hari barulah Takakura berada di dalam gubuk ini. Setelah Takakura memiliki tanaman Tartan maka kamu akan sering berkunjung ke rumah ini untuk membuat bibit generasi ke-2 dan ke-3.


  • Padang Rumput
        Terletak di belakang Barn, berguna untuk menaruh hewan ternak seperti sapi di luar jika hari cerah. Cukup tekan tombol merah pada pintu belakang Barn untuk mengeluarkan hewan ternak dari Barn ke padang rumput. Ada bak air untuk memandikan hewan ternak jika kamu mempunyai Brush/Sikat. Jika kamu telah memesan Pond/Kolam maka akan dibangun di padang rumput ini. Selain itu jika anak sapi lahir akan dimasukkan di dalam tenda di salah satu sudut halaman rumput ini. Berilah pupuk pada rumput ini jika kamu sering memotongnya untuk pakan ternak/fodder.


  • Chicken Coop/Kandang Ayam
      Kandang kecil samping ladang yang berfungsi untuk memelihara ayam. Di dalam kandang ini ada Bird Feed Holder berupa tempat makan persegi tempat ayam berkumpul untuk makan. Juga ada Incubator untuk menetaskan Fertilizer Egg dan tempat minum untuk burung/ayam.


  • Ladang/Land & Well/Sumur Pompa
     Ada 2 ladang yaitu satu petak ladang samping rumah dan satu petak ladang samping Chicken Coop. Pacullah ladang ini dan tanam bibit yang kamu punyai serta menyiramnya. Untuk mengambil air bisa menggunakan Watering Can dan ambil air di Well. Nantinya akan ada ladang ke-3 yang sangat subur pada lahan yang awalnya ditumbuhi pohon liar.



  • CROPS/BERCOCOK TANAM
Bercocok tanam dalam Harvest Moon terbaru ini sangat berbeda dengan Harvest Moon sebelumnya karena banyak hal yang harus kamu perhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Selain itu banyak kriteria yang harus kamu perhatikan agar bisa menghasilkan panen yang bagus. Adapun hal yang perlu diperhatikan yaitu :
  • Pemilihan Ladang
  • Pemilihan Bibit berdasarkan Musim dan jenis bibit
  • Pengaturan Penanaman
  • Bercocok Tanam
  • Panen dan Penjualan Hasil Ladang
Pemilihan Ladang
      Pada awalnya kamu memiliki 2 Ladang yaitu ladang di samping rumahmu dan ladang lainnya di samping Chicken Coop dekat Sumur Pompa. Ladang di dekat Chicken Coop merupakan ladang yang subur yang baik jika ditanami sayuran maupun umbi-umbian agar cepat tumbuh, sedangkan ladang dekat rumah adalah ladang yang kurang subur. Untuk ladang ini lebih baik ditanami buah-buahan yang pohonnya bisa tumbuh pada musim apa saja sesuai musim pada buah tersebut.. Nantinya jika kamu telah mengurus 2 ladang ini dengan baik maka Takakura akan memberikan ladang ke-3 yang lebih luas dan lebih subur, jadi kamu bebas menanam tanaman apa saja.

Pemilihan Bibit
      Tidak semua bibit dapat tumbuh pada musim yang sama. Jika bibit yang kamu tanam tidak sesuai musimnya maka bibit tidak akan tumbuh serta mati sehingga merugikanmu. Untuk itu harus diperhatikan jenis bibit yang ditanam tiap musimnya agar bisa dihasilkan panen yang bagus.

Pengaturan Penanaman
     Berbeda dengan seri Harvest Moon sebelumnya maka pengaturan penanaman sangat penting agar didapatkan hasil panen alias tidak gagal panen akibat pengaturan yang tidak sesuai. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat hendak menanam di ladang :
  • Selalu sediakan jarak untuk tiap penanaman bibit yang berbeda agar bibit yang telah tumbuh tidak memakan sari tanah sampai habis sehingga bibit yang belum tumbuh akan mati. Untuk bibit yang sejenis mungkin bisa jika terlalu rapat tapi lebih baik diberi jarak kecuali ingin hasil yang besar.
  • Jangan menanam Sayuran/Umbi terlalu dekat dengan pohon buah karena pohon lebih banyak menyerap sari tanah daripada sayuran sehingga kemungkinannya sayuran tidak tumbuh atau mati juga besar.
  • Jika pohon telah tumbuh besar, jangan menanam sayuran dekat pohon karena bisa terhalang oleh pohon dan juga tidak mendapat cukup sinar matahari untuk tumbuh.
  • Jangan menanam pohon buah terlalu rapat antara yang satu dengan lainnya karena dapat mengganggu pertumbuhan pohon buah ini.
  • Jika sudah ada bibit tanaman yang telah tumbuh maka jangan menanam bibit baru terlalu dekat dengan tanaman ini karena kemungkinan besar bibit tidak bisa tumbuh.
  • Ada baiknya kamu menanam pohon buah dalam satu ladang yang kurang subur dekat rumah karena pohon buah akan tumbuh sepanjang masa walaupun berbuah pada musim tertentu saja. Kalaupun ingin menanam pohon buah di tiap ladang maka usahakan menanam pohon buah di pinggir ladang tentunya juga diberi jarak minimal satu petak.

Untuk jelasnya bisa kamu lihat pada contoh penempatan tata cara penanaman yang baik maupun yang buruk.
Bercocok tanam
     Setelah merencanakan tata cara penanaman maka mulailah mencangkul tanah untuk menggemburkan tanah. Sebarkan bibit pada tanah yang telah dicang-kul, ingat tanah yang belum dicangkul tidak bisa disebarkan bibit. Setelah menyebarkan bibit maka gunakan Watering Can untuk menyirami bibit, ambil air di Well/sumur pompa. Untuk tanaman sayuran/umbi-umbian ada baiknya kamu menyiraminya 2 kali sehari tiap pagi dan sore/malam agar tanahnya tetap lembab (berwarna gelap). Dengan demikian sayuran akan cepat dipanen karena jika dibiarkan kering atau kurang lembab bisa mengakibatkan per-tumbuhan menjadi lambat bahkan bisa mati. Selain itu kamu harus merencanakan dengan matang pena-naman bibit, jangan menanam bibit di akhir musim apabila bibit ini tidak bisa tumbuh di musim berikutnya (untuk jelasnya lihat bagian pemilihan bibit).


Untuk pohon buah-buahan juga perlu perawatan, kalau bisa berilah pupuk untuk mempercepat pertumbuhannya. Saat pohon buah tumbuh selalu perhatikan kelembaban tanah agar tidak kering sebelum mencapai tinggi maksimal. Jika pohon ini telah tumbuh maksimal (memerlukan waktu kurang lebih 30 hari) maka tidak perlu menyiraminya lagi karena tanah senantiasa lembab.

Panen & Penjualan Hasil Panen
     Setelah kerja keras tentunya harus membawa hasil bukan??? Untuk sayuran jika terlah berbunga maka akan berbuah beberapa saat kemudian (contohnya melon) sehingga tak lama lagi bisa dipanen. Untuk tanaman umbi-umbian bisa memanen hasilnya yang berada di akarnya. Sayuran tidak bisa dipanen ulang jadi hanya sekali saja kemudian harus menanam bibit baru setelah digemburkan tanahnya.


     Untuk pohon buah yang sudah berbuah pada musimnya tunggu terlebih dahulu hingga buah matang tapi ingat latih anjingmu untuk menjaganya dari Murrey si pencuri. Jika buah pada pohon sudah matang maka cukup goncang pohon ini (tanda “Shake” pada tombol X) untuk menjatuhkan buahnya sehingga bisa diambil. Kamu juga bisa menunggu hingga buah matang ini jauh sendiri. Ambil buah yang jatuh (tanda “Pick Up” pada tombol X). Pohon buah senantiasa bisa dipanen ulang pada musim yang sama berikutnya. Tiap pohon menghasilkan kurang lebih 16 buah.


Setelah bisa memanen hasil ladangmu baik sayuran maupun buah-buahan maka kamu bisa menjualnya dengan 3 cara yaitu :
  • Menaruh hasil panen pada keranjang di Food Storage agar Takakura bisa membawanya ke kota untuk menjualnya.
  • Membawa hasil panen dalam Rucksack dan membuka toko kaki lima di halaman kosong depan Inner Inn (Penginapan)
  • Setiap tanggal 3 dan tanggal 8 tiap musimnya bisa membawa hasil panen ke depan Inner Inn tempat Van membuka toko maka kamu bisa menjual hasil panen padanya tentunya dengan menawar harga tertinggi.
 Jenis tanaman
     Jenis-jenis tanaman yang kamu dapatkan adalah seperti berikut ini:
 
Sayuran dan Ubi
  1. Tomat          (Spring-Fall)
  2. Semangka   (Spring-Summer0
  3. Melon         (Summer-Fall)
  4. Lobak         (Summer-Winter)
  5. Kentang      (Winter-Spring)
  6. Wortel         (Fall-Indigo)
  7. Ubi              (Fall)
 Buah-buahan
  1. Persik (Summer)
  2. Jeruk  (Summer)
  3. Anggur(Amber)
  4. Apel    (Amber)
 Persilangan tanaman  

    Persilangan tanaman akan bisa kamu lakukan, jika kamu mempunyai Tartan, Tartan tempatnya di rumah Takakura, cara dapetin Tartan cukup mudah kok, pertama kamu harus berteman dengan Takakura teman lama ayahmu, untuk mengecek dia sudah berteman denganmu yaitu dengan lewat di sekitarnya, jika dia nengok ke arah kamu berarti dia sudah berteman dengan Takakura, ini berlaku juga untuk karakter lain. Sesudah berteman dengan takakura, kamu pergi kerumahnya pada jam 07.00 pm - 09.00 pm, terus tinggal lihat hasilnya.
ini beberapa hasil persilangan  tanaman:

   Hybrid Crops
Gretoma …. Tomato + Watermelon (Spring-Fall)
Berrytoma …. Tomato + Strawberry (Spring-Fall)
Melotoma …. Tomato + Melon (Spring-Fall)
Berryber …. Watermelon + Strawberry (Spring-Summer)
Melober …. Watermelon + Melon (Spring-Summer)
Berrylon …. Melon + Strawberry (Fall-Spring)
Radita …. Turnip + Potato (Winter-Summer)
Cady …. Turnip + Carrot (Winter-Summer)
Kandy …. Turnip + Yam (Winter-Summer)
Tataro …. Potato + Carrot (Winter-Summer)
Bashota…. Potato + Yam (Winter-Summer)
Kanro …. Yam + Carrot (Summer-Fall)
Trady …. Turnip + Tomato (Spring-Fall)
Tobatama ….Potato + Tomato (Spring-Fall)
Tomaca …. Carrot + Tomato (Spring-Fall)
Yamato …. Yam + Tomato (Spring-Fall)
Raury …. Turnip + Watermelon (Spring-Summer)
Bashber … Potato + Watermelon (Spring-Summer)
Cabber …. Carrot + Watermelon (Spring-Summer)
Kashry …. Yam + Watermelon (Spring-Summer)
Dhibe …. Strawberry + Turnip (Fall-Spring)
Paberryta …. Strawberry + Potato (Fall-Spring)
Caberry …. Strawberry + Carrot (Fall-Spring)
Berrican …. Strawberry + Yam (Fall-Spring)
Dhilon …. Turnip + Melon (Summer-Fall)
Potamelo …. Potato + Melon (Summer-Fall)
Camelo …. Carrot + Melon (Summer-Fall)
Sholo …. Yam + Melon (Summer-Fall)

Hybrid Trees
Banana + Apple …. Appage
Banana + Grape …. Gehju
Peach + Grape …. Jurum
Peach + Orange …. Lanmuge
Peach + Banana …. Magerum
Orange + Banana …. Magenge
Orange + Gehju …. Orahge
Orange + Apple …. Oraphu
Apple + Grape …. Phuju
Apple + Peach …. Phurum

Rare Crop(RC)
RC 01 Cabber + Raury (Spring)
Rc 02 Gretoma + Berrylon (Spring)
RC 03 Tomaca + Melotoma (Summer)
RC 04 Bashber + Kashry (Summer)
RC 05 Dhilon + Camelo (Fall)
RC 06 Cady + Kanro (Spring)
RC 07 Kanro + Kandy (Summer)
RC 08 Cabber + Kanro (Fall)
RC 09 Tobatama + Bashber (Fall)
RC 10 Berrylon + Dhibe (Spring)
RC 11 Dhibe + Dhilon (Summer)
RC 12 Dhilon + Caberry (Fall)
RC 13 Cabber + Caberry (Winter)
RC 14 Kanro + Radita (Summer)
RC 15 Tataro + Cady (Spring)
RC 16 Yamato + Kashry (Fall)
RC 17 Kandy + Cady (Winter)
RC 18 Trady + Berrylon (Spring)
RC 19 Cabber + Berrylon (Summer)
RC 20 Caberry + Berrylon (Fall)
RC 21 Camelo + Berrylon (Winter)
RC 22 Radita + Kandy (Spring)
RC 23 Raury + Sholo (Summer)
RC 24 Raury + Sholo (Summer)
Notes:
RC 23 hanya bisa dibuat antara 6pm-6am.
RC 24 hanya bisa dibuat antara 6am-6pm.

Rare Tree (RT)
RT 01 Jurum + Phuju (Winter)
RT 02 Gehju + Lanmuge (Summer)
RT 03 Magenge + Oraphu (Winter)
RT 04 Magenge + Magerum (Summer)
RT 05 Appage + Lanmuge (Fall)
RT 06 Appage + Orahge (Fall)
RT 07 Magerum + Phuju (Summer)
RT 08 Gehju + Orahge (Fall)
RT 09 Jurum + Oraphu (Spring)

Salads
Dhibe Salad –> Dhibe + Tomato + Berrytoma (35G)
Egg Salad –> Egg + Tomato + Gretoma (25G)
Fruit Salad –> Tomato + Apple + Orange (40G)
Mellow Salad –> Melotoma + Dhilon + RT 02 (35G)
Melon Salad –> Melon + Tomato + Trady (25G)
Potamelo Salad –> Potamelo + Tomato + Berrytoma (35G)
Rare Salad –> RC 01-09 + Tomato + Dhilon (350G -> 420G)
Red Salad –> Tomato + Trady + Dhibe (35G)
Shiny Salad –> RC 18-21 + Apple + Orange (200G -> 240G)
Tomacarro Salad –> Carrot + Tomato (35G)
Tomamelo Salad –> Melon + Tomato (35G)
Good Pickles –> RC 14 + RC 22 (60G)
Light Pickles –> Turnip (25G)
Pickles 1 –> Trady + Raury (25G)
Pickles 2 –> Cabber (25G)
Marinade –> Mugwort + Tomato/Turnip + Fish (35G)
Red Veggie –> RC 18 + Tomato + Trady (35G)


Soups
Earth Soup –> Carrot + Potato (100G)
Good 4 U Soup –> RC 08 + RC 17 + RC 14/23/24 (400G -> 480G)
Good Soup –> Fish + Turnip + Bashota (250G -> 300G)
Potato Soup –> Potato + Hackberry + Mugwort (100G)
Super Soup –> RC 10-13 + RC 18-21 (400G -> 480G)
Tomatoma Soup –> Carrot + Tomato (90G)
Yam Soup –> Yam (110G -> 132G)
Fish Stew –> Potato + Fish + Turnip (250G -> 300G)
Rare Stew –> RC 01 + Milk + RC 02 (400G -> 480G)
Stew –> Potato + Milk + Carrot (200G -> 240G)

Entrees
Fried Mushroom –> Matsutake + Turnip + Butter (80G)
Fried Nuts –> RC 03 + Potato + Butter (70G)
Fried Veggie –> Tomato + Carrot + Butter (70G)
Grape Pie –> Grape + Egg + Butter (50G)
Melon Pie –> Melon + Egg + Butter (50G)
Sashmi –> Fish (150G -> 180G)
Sashmi (S) –> Fish + Fish (200G -> 240G)
Mixed Fry –> Fish + Hackberry + RC 4/9 (95G)
Shiny Stir-Fry –> Turnip + RC 18-21 + Butter (450G -> 540G)
Shiny Tempura –> Fish + RC 18-21 (450G -> 540G)
Tempura –> Yam + Hackberry + Mugwort (80G)


Desserts

Carrot Cake –> Carrot + Egg + Milk (150G -> 180G)
Dhibe Cake –> Dhibe + Egg + Milk (1675G -> 2010G)
Pound Cake –> Butter + Egg + Milk (175G -> 210G)
Strawberry/Short Cake –> Strawberry + Egg + Milk (190G -> 228G)
Veggie Cake –> Tomato + Egg + Milk (150G -> 180G)
Ice Cream –> Brown Milk + Star Milk (110G -> 132G)
Kashry Sherbet –> Brown Milk + Star Milk + Kashry (150G -> 180G)
Fruit Juice –> Apple + Peach + Milk (50G)
Good Juice –> Tomato + Gretoma + Apple (60G)
Juice DX –> RC 01/06 + Carrot + Orange (400G -> 480G)
Orahge Juice –> Orahge (75G)
Rich Juice –> Star Milk + Banana + Peach (75G)
Veggie Juice –> Tomato/Carrot + Berrylon (50G)
Magenge Jam –> Megenge (45G)
Phurum Jam –> Phurum (40G)
Grilled Yam –> Yam (75G)
Super Yam –> RC 16 (400G -> 480G)
Cocktail –> Phuju + Melotoma (190G -> 228G)
Love Cocktail –> Grape + Watermelon (200G -> 240G)
Sweet Cocktail –> Gehju + Oraphu (200-G -> 240G)
Peach Tart –> Peach + Egg + Butter (125G -> 150G)
Short Tart –> RT 08 + Egg + Butter (125G -> 150G)
Fruit Punch –> 3 fruits (150G -> 180G)
Dancing Dessert –> Apple + RC 10-13 + RT 01-09 (350G -> 420G)
Sweet Potato –> Yam + Egg + Butter (150G -> 180G)

Main Dishes
Baked Tataro –> Tataro + Egg + RC 23/24 (125G -> 150G)
Bean Bowl –> RC 07 (150G -> 180G)
Mountain Bowl –> RC 09 + Mugwort + Matsutake (150G -> 180G)
Curry –> Potato + Carrot + Ruby’s Spice (200G -> 240G)
Hot Curry –> Carrot + RC 11 + Ruby’s Spice (250G -> 300G)
Mushroom Curry –> Potato + Hackberry + Ruby’s Spice (200G -> 240G)
Fish Set –> RC 23/24 + Fish (250G -> 300G)
Meuniere Set –> Fish + Butter (250G -> 300G)
Gratin –> Milk + Butter + Cheese (200G -> 240G)
Mushroom Gratin –> Butter + Milk + Matsutake (150G -> 180G)
Mushroom Pasta –> Cady + RC 14 (225G -> 270G)
Veggie Pasta –> RC 04 + Tomato + Mugwort (200G -> 240G)
Mixed Veggies –> Potato/Berrican + Egg + RC 07 (150G -> 180G)
Omelet –> Egg + Butter (200G -> 240G)
Rootbaisse –> Carrot + RC 23/24 (125G -> 150G)


*yang memakai tanda kurung adalah hasil jual makanan kepada van, pada tanggal 3dan 8.


Kamu juga bisa menyilangkan bibit tanaman dengan bunga dari hasil hutan. yaitu bunga Happy Lamp, Gemsoil dan Upseed. Jika kamu menyilangkan bibit tanaman kamu ke bunga Happy Lamp maka kamu dapat menanam bibit tanaman kamu tanpa batasan musim, tapi hanya bersifat sementara maksudnya jika kamu panen dan di jadikan bibit lagi maka khasiatnya hilang.

Jika kamu menyilangkan bibit tanaman kamu ke bunga Gemsoil maka kamu dapat menanam bibit di segala jenis, bentuk tanah, dan sama seperti persilangan antara bibit dengan Happy Lamp, sifatnya hanya sementara.

Berbeda dengan Upseed, jika kamu campurkan benih dengan bunga Upseed maka bibit kamu akan mengalami peningkatan kualitas dari B menjadi S dan sifatnya selamanya jika kamu menjadikan bibit lagi, maka kualitas bibit tersebut tetap S dan S forever!!.

     PENGENALAN PENDUDUK DESA

 Bersosialisasi dengan penduduk desa sangat membantumu memperoleh resep masakan maupun beberapa alat yang bisa kamu peroleh gratis dari mereka jika rajin memberikan hadiah untuk mereka hinhha mereka menyukaimu, berikut tokoh – tokoh dalam Harvest Moon : A Wonderful Life ini :

TAKAKURA

Teman baik ayahmu ini tinggal di pertanian bersama denganmu. Ia juga akan menjual hasil pertanianmu ke kota jika kamu menaruhnya di Food Storage. Takakura paling mudah dikenali karena ia berwajah Jepang dan kulitnya hitam terbakar sinar matahari.
Tempat Tinggal :  Tanah pertanianmu (Takakura’s House)
Kesukaan : Semua Masakan
Hadiah : Kuda (jika kau telah memikat hati gadis hingga mendapat 3 - 4 hati)
Jadwal : Lebih sering berada di Pertanianmu atau di rumahnya, kadang ia pergi ke kota membeli pesananmu. Jika hari libur tanggal 3 dan 8 juga bisa dijumpai di Spring sekitar jam 6 sore (kadang acak).

CARTER
http://images1.wikia.nocookie.net/__cb57526/hm/images/3/38/Carter_%28HMDS%29.pngPria berambut coklat ini bekerja Arkeolog yang menggali situs – situs purbakala. Kamu bisa ikut menggali di situs ini jika meminta ijin darinya. Dalam bekerja ia dibantu asistennya, Flora
Tempat Tinggal : Digsite (Situs Penggalian)
Kesukaan : Milk, Mwelon, Watermelon, Fish, Cheese, Sashimi
Hadiah : Harus berteman baij juga dengan Flora untuk anjing Chihuahua.
Jadwal : Sering berada di Dig Site baik diluar maupun di dalam tempat penggalian, jika hari libur tanggal 3 dan 8 sering terlihat di pantai sampai jam 6 sore. Pagi harinya di hari libur masih berada di Dig Site.

FLORA
http://images4.wikia.nocookie.net/__cb57526/hm/images/e/ec/Flora_%28HMDS%29.pngWanita berambut pirang ini sering terlihat dekat air terjun dekat situs penggalian. Ia membantu Carter sebagai asistennya dan tinggal dalam tenda yang sama.
Tempat Tinggal : Digsite (Situs Penggalian)
Kesukaan : Butter, Cheese, Curry, Fish, Mushroom Curry, Hasil Pertanian kualitas S, Fossils, Clay Statues
Hadiah : Harus berteman baik dengan carter juga untuk mendapatkan anjing Chihuahua

WALLY
http://images.wikia.com/hm/images/b/ba/Wally_%28HMDS%29.pngPria yang senang berolahraga ini sering kamu temui di sepanjang desa sedang melakukan jogging (lari santai). Wally tinggal bersama istrinya, Chirs, dan anaknya Hugh.
Tempat Tinggal : Wally’s House dekat Blue Bar
Kesukaan : Cheese, Coins, Eggs, Milk, Sashimi
Hadiah : Wool Clippers
Jadwal : sering dijumpai disepanjang jalan desa sedang jogging, bisa menemuinya diatas jam 7 malam di rumahnya

CHRIS
http://hmmeadow.net/images/gimgs/chris.pngDilihat dari pakaiannya yang rapi dengan kacamata dapat dipastikan Chris adalah orang kantoran yang bekerja di kota. Chris merupakan istri Wally. Ia juga bisa meramal nasib anakmu di Chapter 2 jika kamu membawanya ke rumahnya.
Tempat Tinggal : Wally’s House
Kesukaan : Apples, Flowers, Fruit Juice, Milk
Jadwal : hanya bisa ditemui saat sore hari pukul 03.00 PM baru pulang dari kota, kadang berdiri di depan rumahnya, kadang langsung masuk kerumahnya.

HUGH
http://hmmeadow.net/images/gimgs/hugh.pngAnak Wally yang sering berkeliaran di desa mirip ayahnya. Hugh juga dapat tumbuh besar seiring Chapter.
Tempat Tinggal : Wally’s House
Kesukaan : Milk, Coin
Jadwal : sering terlihat di dekat sumur dekat Blue bar atau juga sedang lari santai.

GRANT
http://images2.wikia.nocookie.net/__cb57088/hm/images/b/ba/Grant_%28HMDS%29.pngPria berpakaian kantoran dan berkacamata ini sangat sulit ditemukan karena ia bekerja di kota. Suami Samantha ini mungkin bisa kamu temukan suatu hari jika ia sedang libur atu jam 8 malam sebelum ia berangkat kerja.
Tempat Tinggal :  Grant’s House samping Wally’s House
Kesukaan : Eggs, Goat Milk, Milk, Sashimi
Hadiah : Alarm Clock
Jadwal : pulang kerja dari kota pukul 12 siang dan baru berangkat kerja lagi sekitar pukul 9 malam jadi kamu bisa menemuinya diantara jam tersebut.

SAMANTHA

Istri Grant yang suka berkeliling desa. Ia selalu ingin anaknya berlaku seperti anak gadis pada umumnya tapi Kate lebih suka berjalan – jalan (Jadi ingat Nami . . . ^^)
Tempat Tinggal : Grant’s House
Kesukaan : Flowers, Milk, Sashimi
Jadwal : kamu bisa menemuinya di rumahnya atau di jalan – jalan desa. Pagi hari di atas jam 10 ada di halaman vila

KATE
http://images3.wikia.nocookie.net/__cb20100515110349/hm/images/thumb/4/47/Kate_%28HMDS%29.png/185px-Kate_%28HMDS%29.pngAnak dari pasangan Grant dan Samantha ini berkelakuan tomboy sehingga Samantha berusaha membuat anaknya lebih feminim. Kate sangat bosan dengan kehidupan desa, hanya bermain dengan Hugh.
Tempat Tinggal : Grant’s House
Kesukaan : Coins, Curry, Flowers, Moon Ores
Jadwal : Pagi hari suka pergi ke Spring tapi juga bisa ditemui di rumahnya saat sore dan malam hari

VESTA
http://images.wikia.com/hm/images/c/c4/Vesta_%28HMDS%29.pngPemilik pertanian Vesta yang bertubuh subur ini merupakan majikan Celia yang menjual beberapa bibit tanaman untukmu
Tempat Tinggal : Rumah di Vesta’s Farm
Kesukaan : Crystals, Curry, Earth Soup, Flowers, Milk
Hadiah : Weird Hoe (Temui Vesta antara pukul 05.30 PM sampai 07.00 PM)
Jadwal : lebih sering berada di pertaniannya, jika tidak ada biasanya lagi mengantar pesanan ke penginapan. Tanggal 3 dan 8 saat siang sampai sore hari biasanya ada di Spring.

MARLIN
Adik Vesta sangat protektif terhadap Celia. Mungkin juga karena ia naksir berat terhadap Celia. Ia bekerja membantu kakanya Vesta mengurus pertanian.
Tempat Tinggal : Rumah di Vesta’s Farm
Kesukaan : Sayuran grade S, Records, Stamina Potion
Jadwal : Temui saja dirumahnya

DARYL
Daryl bekerja sebagai ilmuwan yang melakukan beberapa eksperimen pada tumbuhan – tumbuhan. Wajahnya stress dan sedikit aneh.
Tempat Tinggal : Scientist’s House
Kesukaan : Bones, Coins, Earth Soup, Eggs, Fish
Hadiah : Seedmaker (temui Daryl di rumahnya antara pukul 5 – 6)
Jadwal : tidur sampai siang hari, setelah itu ada di rumahnya. Diatas jam 6 sore pergi menuju Spring bahkan kamu bisa menemuinya pada jam 4 pagi baru pulang kerumahnya.

ROMANA
http://hmmeadow.net/images/gimgs/Romana.pngWanita tua yang tinggal di Mansion besar Villa dengan keponakannya, Lumina, dan pelayannya, Sebastian. Ia termask tipikal wanita tua Eropa yang suka memelihara kucing jadi kamu juga memjumpai 2 ekor kucing yang dipeliharanya.
Tempat Tinggal : Villa
Kesukaan : Clay Statues, Chrystals, Flowers, Golden Coins, Milks, Oranges, Records
Hadiah : Long-Necked Watering Can (Penyiram tanaman berleher panjang) yang akan memudahkanmu menyiram tanaman agar cepat tumbuh. Selain itu di tahun ke – 2 dia akan datang ke rumahmu menawarkan kucing liar yang ditemukannya untuk kamu pelihara.
Jadwal : sering berada di kamarnya, halaman Villa, atau di jalan dekat Villa

SEBASTIAN
http://images.wikia.com/hm/images/a/a5/Sebastian_%28HMDS%29.pngPelayan Romana ini cukup ramah dan merupakan teman Romana sejak kecil. Ia sangat menyukai Romana dan menyimpan foto masa kecil Romana.
Tempat Tinggal : Villa
Kesukaan : Butter, Clay Artifacts, Crystals, Cheese, Eggs, Milk, Skulls
Jadwal : Bisa ditemui di kamarnya, ruang tamu Villa, halaman Villa, dan jalan depan Villa

PATRICK
http://hmmeadow.net/images/gimgs/patrick.pngSaudara kembar Kassey yang bekerja sebagai pembuat kembang api. Ia berpakaian warna hijau dan suka minum di Blue Bar.
Tempat Tinggal : Firework’s House
Kesukaan : Flowers, Coins, Crystals
Jadwal : jika tidak berada di rumahnya, ada dihalaman rumah. Malam hari ada di bar sampai jam 9 malam baru kembali ke rumah.

KASSEY
http://images2.wikia.nocookie.net/__cb20100515110246/hm/images/thumb/4/42/Kassey_%28HMDS%29.png/156px-Kassey_%28HMDS%29.pngSaudara kembar Patrick yamg juga membuat kembang api. Ia berpakaian warna biru dan lebih sering berada dirumahnya.
Tempat Tinggal : Firework’s House
Kesukaan : Flowers, Coins, Crystals
Jadwal : Ada dirumah atau di halaman rumah

TIM
http://hmmeadow.net/images/gimgs/Image105.pngPria yang sering berkeliling dunia dan menetap di Forget Me-Not Valley ini membuka penginapan bersama istrinya yang pintar memasak yaitu Ruby dan anaknya Rock.
Tempat Tinggal : Inner Inn
Kesukaan : Eggs, Flowers, Fruits, Cheese, Punch, Sashimi, Butter, Milk, Goat Milk, hasil penggalian di Dig Site
Hadiah : Stange Hoe (pergi ke kamarnya pada jam 8 pagi)
Jadwal : ada di dalam Inner Inn, kamarnya, atau di kebun dekat Inner Inn

RUBY
Istri Tim yang jago memasak ini membantu suaminya mengurus penginapan
Tempat Tinggal : Inner Inn
Kesukaan : Butter, Curry, Grapes, Gratin, Crystals, Flowers, Milk, Tomato
Hadiah :Ruby’s Spice (pergi ke dapur Inner Inn saat ruby berada di dalamnya, sekitar jam 2 sore). Hadiah ini sangat berguna jika kamu menikahi nami.
Jadwal : Berada di kamar Nami pada pagi hari jam 9 – 10, sore hari ada di dapur Inner Inn, kadang juga ada di halaman Inner Inn atau dikamarnya.

ROCK
http://images2.wikia.nocookie.net/__cb57526/hm/images/3/35/Rock_body.pngAnak dari Tim dan Ruby ini merupakan anak yang tidak betah berada dalam rumah. Ia sering berkeliling desa sehingga pasti bisa kamu temui jika kamu menjelajah desa. Kadang kamu juga bisa menantangnya minum susu di dapur Inner Inn waktu malam hari.
Tempat Tinggal : Inner Inn
Kesukaan : Bunga Mist Moon, Fodder, Coins, Mushroom/Jamur seperti Huckberry, Kracken, Matsutake, Toadstool, juga Human Statue dari penggalian
Jadwal : Rock selalu suka berjalan keliling desa jadi pasti kamu bisa menemuinya jika sering keluar rumah. Ia bangun diatas jam 11 siang dan baru pulang kerumah diatas jam 12 malam.

MURREY
http://hmmeadow.net/images/gimgs/murrey.pngPengemis yang tidak punya tempat tinggal. Ia lebih sering berada di Spring dan jembatan atas sungai. Ia juga sering mencuri makanan di Food Storage milikmu saat musim dingin jika kamu tidak berlatih anjingmu dengan baik. Ia berasal dari Po-Po Valley menurut pengakuannya.
Tempat Tinggal : Spring
Kesukaan : Semua yang bisa dimakan kecuali makanan dari ikan
Jadwal : selalu berada di spring dan jembatan atas sungai Vesta’s Farm

GUSTAFA
http://images3.wikia.nocookie.net/__cb57088/hm/images/b/b8/Gustafa_body.pngPria yang ramah dan berpakaian aneh mirip pemain sirkus ini merupakan seorang seniman musik. Karena banyak sekali alat musik dirumahnya, ia juga suka bernyanyi.
Tempat Tinggal : Bard’s House
Kesukaan : Flowers, Curry, Mushroom Curry, semua benda dari penggalian
Hadiah : ada 2 jenis hadiah yang bisa kamu terima darinya yaitu Strange Sickle (kunjungi rumahnya di awal chapter sekitar pukul 10 pagi), dan sati set Drums (gendang), baru bisa diterima setelah menikah, dapatnya di chapter 3.
Jadwal : Baru bangun jam 9 pagi, setelah itu ada di depan rumahnya kemudian pergi menuju spring

GRIFFIN
http://images2.wikia.nocookie.net/__cb57088/hm/images/9/97/Griffin_%28HMDS%29.pngBartender di Blue Bar yang tidak pernah kelihatan beranjak dari bar nya. Saat tidak bekerja, ia berada dalam kamarnya
Tempat Tinggal : Blue Bar
Kesukaan : Coins, Crylstals, Fish, Mist Moon Flowers, Trick Blue Flowers, Sashimi, Golden Egg
Jadwal : berada dalam Bar atau kamarnya

GALEN
Pria tua yang sudah lama menetap di desa bersama istrinya ini sangat kehilangan istrinya yang meninggal di Chapter 2. bantulah Galen menyikat kuburan istrinya untuk bertemu dengannya.
Tempat Tinggal : Rumah dekat Blue Bar saat bersama istrinya, rumah di Grave Hill di chapter  2 dan selanjutnya
Kesukaan : Apples (semua grade/rank), Fish (Semua Jenis ikan), Fish Stew, Sayuran grade S
Hadiah : Saat Chapter 2, jika kamu berteman baik dengan Galen maka ia akan memberimu Fishing Pole G (kunjungi Galen di Grave Hill pagi-pagi sekali atau malam hari saat ia masuk rumah)
Jadwal : Saat Chapter 1 pagi hari sampai jam 12 siang ada di dekat Villa, sore hari di sekitar Vesta’s Farm, diatas jam 8 malam ada di rumah. Saat chapter 2 dan selanjutnya lebih sering berada di sekitar Vesta’s Farm.

NINA
http://images1.wikia.nocookie.net/__cb20091201015451/hm/images/a/a9/Nina_body.pngIstri Galen ini sering sakit-sakitan sehingga di Chapter 1 sering diperiksa oleh Dr, Hardy ini meninggal saat di Chapter 2. Arwahnya akan senang jika kamu menyikat batu nisannya dalam mini games.
Kesukaan : Flowers, Milk
Jadwal : Hampir mirip dengan Galen tapi Nina sudah berada di rumah jam 7 malam.

VAN
http://www.ranchstory.co.uk/wiki/images/2/2d/Ch_Van_%28Harvest_Moon-_A_Wonderful_Life%29.jpgPria berbaju merah dan bertubuh gendut ini hanya bisa ditemui tiap tanggal 3 dan 8 saat ia berjualan di desa ini samping Inner Inn. Kamu bisa menjual tanaman liar dan hasil galian yang tidak bisa dijual oleh Takakura.
Kesukaan : Egg, Curry, Hasil Penggalian
Jadwal : tiap tanggal 3 dan 8, pagi hari ada di Dig Site, sinag jam 12 ato jam 1 membuka toko di samping Inner Inn, setelah jam 6 sore ada di halaman Villa. 


Van's Shop
Name Type Price Requirement
Goat Livestock 4000G Be in Chapter 2 or later.
Teddy Bear Furniture 1200G Be in Chapter 3 or later.
Vase Furniture 1000G Be in Chapter 4 or later.
Ball Toy 300G Be in Chapter 2 or later.
Blocks Toy 300G Be in Chapter 2 or later.
Car Toy 450G Be in Chapter 2 or later.
Fishing Pole Tool 500G N/A
Brush Tool 500G N/A
Goat Milker Tool 150G Sell the free one you get from buying the goat.
Turbojolt Item 750G N/A
Bodijizer Item 750G N/A
Bodihyper Item 1000G N/A
Spring Song Record 430G Connect to FoMT after buying Record 1 in it.
Town Spirit Record 430G Connect to FoMT after buying Record 2 in it.
Flower Bud Fall Record 640G Connect to FoMT after buying Record 3 in it.
64 Memories Record 640G Connect to FoMT after buying Record 4 in it.
Marin Jazz Record 600G Connect to FoMT after buying Record 5 in it.
Butterfly Record 600G Connect to FoMT after buying Record 6 in it.
Summer Memories Record 810G Connect to FoMT after buying Record 7 in it.
Joy of Fall Record 810G Connect to FoMT after buying Record 8 in it.
Winter HM Record 900G Connect to FoMT after buying Record 9 in it.
The Bride Record 900G Connect to FoMT after buying Record 10 in it.


CODY
Pria yang kelihatannya tidak bersahabat ini berkebangsaan jepang dan berkulit hitam terbakar sinar matahari ini sebenarnya orang yang ramah.
Tempat Tinggal : Artist’s House
Kesukaan : Bones, Eggs, Flowers, Crystals
Hadiah : Painting/Lukisan di Chapet 2 atau sebelumnya yang akan ia pasang di Living Room atau Dapur, juga Red Sickle (sabit merah)
Jadwal : Cody sering berada di halaman rumahnya tapi jika tidak ada biasanya ia ada di Turtle Swamp, pada tanggal 3 dan 8 ia juga berkunjung ke spring.

DR HARDY
http://images2.wikia.nocookie.net/__cb20100515110028/hm/images/0/08/Hardy_%28HMDS%29.pngDokter yang berpakaian putih dengan senter di kepalanya ini sangat peduli pada kesehatan penduduk desa sehingga akhirnya ia pindah ke desa. Raut wajahnya cukup menyenangkan tapi seperti Cody, ia pria yang ramah dan baik hati. Ia pindah saat Chapter 2.
Tempat Tinggal : Rumah samping rumah Grant (Bekas rumah Galen) saat Chapter 2.
Kesukaan : Bones, Fish, Flowers
Hadiah : Weird Sickle (sabit bekas operasi yang diberikan jika kamu mengunjunginya jika berteman baik dengannya)
Jadwal : pada chapter 1 kamu bisa menemui dokter ini pada tanggal 3 dan 8 saat ia datang memeriksa Nina & Galen di pagi hari sekitar jam 8 dan setelah itu berada di halaman Villa memeriksa Romana. Pada Chapter 2 Dr. Hardy pindah ke rumah yang dahulu ditempati Galen dan kamu bisa menemuinya di rumah.


MUKUMUKU
Makhluk besar mirip beruang putih yang hanya ada di Spring saat musim Winter. Tidak berbahaya dan bisa menerima hadiah.
Tempat Tinggal : Spring
Kesukaan : Flowers (semua bunga), Fish, Eggs.




      




Celia

http://images4.wikia.nocookie.net/__cb20100515212352/hm/images/8/80/Celia_couple_%28OWL%29.jpg

  • Ciri-Ciri : Berambut coklat dan memakai bandana kain pada kepalanya, berpakaian layaknya penduduk desa dengan pakaian berwarna hijau. Celia adalah gadis yang manis yang sedikit manja serta menyukai alam. Celia paling mudah ditemui dibandingkan gadis lainnya.
  • Tempat Tinggal : Rumah di Vesta’s Farm
  • Pekerjaan : Penjual Bibit Tanaman di Vesta’s Farm
  • Kesukaan : Flowers (Bunga), Sayuran apa saja, Egg, Crystals, Coin yang bersinar seperti Silver Coin, Moon Ores.
  • Diary : Lantai 2 Rumahnya di tempat tidur, naik melalui tangga putar
  • Jadwal : pk 08.00 AM ­ pk 03.00 PM di rumahnya berjualan bibitpk 03.00 PM ­ pk 05.30 PM berada di pekarangan rumah Vesta’s Farm, pk 05.30 PM ­ malam hari berada di dalam rumah.
  • Jadwal saat tanggal 3 & 8 : Pagi hari jam 8.00 AM ­ 12.00 AM masih berada di rumah, pk 12.00 AM ­ pk 02.00 PM berjalan dari Vesta’s Farm ke Villa, pk 02.00 PM ­ pk 06.00 PM berada di halaman Villa, pk 06.00 PM ­ pk 08.00 PM berjalan dari Villa ke Vesta’s Farm.
  • Trik Cepat mendapatkan Celia : Selalu membeli bibit melalui dirinya pada pagi hari, lebih baik tiap hari beli pupuk/fertilizer seharga 40G padanya dan berikan selalu Flowers apa saja maka ia menyukainya. Jika ada event dengan Celia, jawablah pertanyaannya dengan bijak.
  • Events Heart Celia:
    - Farm Life? (1 hati)

    Saat Celia berada di depan rumahnya,masuk ke rumahnya lalu keluar. Celia akan berkata pada kalian. Ambil pilihan 'it doesn't bother' lalu pilih 'no'

    - Shopping Trip (2-3 hati) Masuki rumah Vesta sekitar jam 8..18 - 10.47 am. Saat kalian akan mengetuk pintu,Celia akan akan keluar dan mengajak kalian pergi dengannya. Marlyn akan keluar dan barkata bahwa Celia harus belanja. Jika kalian memilih untuk mengantar Celia, Marlyn akan marah pada kalian. Lalu Vesta akan keluar,jika kalian meminta maaf, Celia akan meminta kalian mengantarnya

    - Silent Spring? (2-3 hati)
    Keluar dari rumah kalian saat siang,Celia akan mengajak kalian ke Spring, ikuti dia. Ambil pilihan "silent"

    - Getting Married? (3-4 hati)
    Masuki rumah Vesta saat Celia ada di dalam. Celia akan keluar saat kalian akan mengetuk pintu,dia akan mengajak kalian ke spring. Dengarkan dia (ambil pilihan "tell me"), lalu pilih "don't knock" yang berarti Celia harus menolak pernikahan itu

    - The Decision? (3-4 hati)
    Masuki rumah Vesta saat pagi (saya mendapat event ini saat jam 6am lebih sedikit). Ambil pilihan "you didn't hear anything",Vesta akan berkata bahwa Celia akan bertemu calon suaminya, lalu Celia akan melihat kalian dan berkata dia butuh waktu untuk memutuskan.

    - Runaway Celia? (4 hati)
    Keluar dari rumah kalian saat jam 6am. Vesta berkata pada kalian bahwa dia tidak menemukan Celia. Setelah kalian membantu mencarinya,ternyata Celia ada di rumah kalian dan sedang bermain dengan anjing kalian. Dia berkata bahwa dia mencintai kalian. Jika kalian memilih mencintainya juga, dia akan senang lalu pulang ke rumahnya. 


Lumina


http://fc07.deviantart.net/fs14/f/2007/099/e/6/Harvest_Moon_JackxLumina_by_mics15.jpg

  • Ciri-Ciri : Gadis kecil berambut coklat yang berbaju putih ini sering bermain piano. Ia tidak pergi jauh, hanya di sekitar rumahnya saja. Lumina merupakan gadis yang sulit didekati tapi hanya modal bunga saja lama kelamaan kamu bisa memikat hatinya.
  • Tempat Tinggal : Villa lantai 2
  • Pekerjaan : Tidak Bekerja
  • Kesukaan : Flowers, Fried Sweet Potato, Strawberry Cake
  • Diary : Di atas meja kamarnya dekat 2 boneka kelinci
  • Jadwal : Pk 09.00 AM ­ 09.30 AM di kamarnya lantai 2, pk 09.30 AM ­ 12.00 PM bermain piano di Villa, pk 02.00 PM ­ pk 04.00 PM berjalan dari Villa ke rumah Fireworks Maker, pk 04.00 PM ­ pk 06.00 PM di hala-man Fireworks Maker, pk 06.00 PM ­ pk 07.00 PM di halaman Villa, pk 7.00 PM ­ pk 08.00 PM menemui Romana tapi kamu tidak bisa mene-muinya, pk 08.00 PM ­ pk 09.00 PM berjalan menuju kamarnya, pk 09.00 PM-pk 10.00 PM ada di kamarnya, tidur pk 10.00 PM.
  • Jadwal saat tanggal 3 & 8 : pk 10.00 AM ­ 04.00 PM berada di halaman Villa, pk 04.00 PM ­ 05.30 PM berjalan dari Villa ke tempat Van (samping Inner Inn), pk 05.30 PM ­ pk 06.40 PM di tempat Van, pk 06.40 PM ­ pk 08.00 PM berjalan dari tempat Van ke Villa, pk 09.00 PM ­ pk 10.00 PM di kamarnya.
  • Trik Cepat mendapatkan Lumina : Awalnya saat hatinya masih hijau sangat sulit membuat hatinya merah tapi kamu bisa membuat hatinya cepat merah dengan mengunjungi Lumina di Villa saat ia berlatih piano pada pagi hari antara jam 8 pagi sampai jam 11 siang. Bicara dengannya saat ia bermain piano maka ia senang kamu mengunjunginya. Setelah itu berikan selalu Flowers padanya, lebih baik saat ia berada di kamarnya maka hatinya cepat berubah. Menjawab pertanyaan dengan bijak saat event dengannya juga membantu.
  • Saat Melamar Lumina : Berikan Blue Feather saat Lumina berada di kamarnya maka ada event Lumina menunjukkan bulu biru ini pada Romana. Kemudian Romana menanyakan padamu apakah bisa membahagiakan Lumina. Jawaban ” Leave it to me!” saja maka Romana akan mengajari Lumina bagaimana menjadi istri yang baik terlebih dahulu.
  • Even Heart Lumina :
    -Piano is difficult? (1 hati merah,bukan hijau)

    Masuki ke vila saat Lumina bermain piano. Romana akan memuji permainan Lumina. Saat Romana pergi,Lumina akan mengobrol dengan kalian. Ambil pilihan "just have more fun" untuk membuatnya senang. Jika kalian mengambil pilihan "just try harder", Rock akan datang dan mengobrol dengan Lumina. Event ini bisa kalian dapatkan di musim semi.

    - Accompaniment?
    Masuki kamar Lumina saat dia ada di dalam. Tanyakan apa dia ingin bermain piano bersama orang lain. Dia akan menjawab ya dan akan mengatakan bahwa kalian sudah seperti kakak baginya

    - In Love?Masuki vila saat mereka semua ada di dalam. Sebastian akan mengajak kalian untuk mencoba resep barunya. Saat kalian menuju dapur,kalian akan mendengar pembicaraan antara Romana dengan Lumina. Lalu Sebastian akan bilang bahwa menguping pembicaraan orang lain itu tidak baik. Lalu Sebastian akan memberitahu kalian bahwa Lumina semakin cantik dan dia mengira Lumina sedang jatuh cinta. Lalu dia akan memberi kalian masakannya,ambil pilihan kalian menyukai masakannya untuk membuatnya senang

    - Timid Confession?
    Keluar dari vila dan Lumina akan meminta kalian menemaninya ke pantai (ambil pilihan yes). Di pantai,dia akan menannyakan siapa cinta pertama kalian,ambil jawaban yang menanyakan tentang cinta pertama Lumina. Sebastian akan datang menjemput Lumina pulang. 



Muffy

http://images3.wikia.nocookie.net/__cb20100515212061/hm/images/4/41/Muffy_couple_(OWL).jpg

  • Ciri-Ciri : Gadis berambut pirang dan selalu berpakaian gaun merah layaknya orang kota. Muffy semula bekerja di kota sebagai sekretaris, ia semula kurang menyukai kehidupan di desa tapi kamu bisa mengubahnya. Jika kamu menyukai gadis kota maka Muffy adalah pilihan yang tepat.
  • Tempat Tinggal : Kamar di Blue Bar
  • Pekerjaan : Pelayan di Blue Bar
  • Kesukaan : Flowers, Crystals, Shiny Coins, Moon Ores
  • Diary : Periksa Vas Bunga di pojok Blue Bar
  • Jadwal : pk 09.00 AM-12.00 AM berada di kamarnya, pk 12.00 PM ­ 03.00 PM bekerja di Blue Bar, pk 03.00 PM ­ pk 05.00 PM di dapur Inner Inn, pk 05.00 PM ­ pk 06.00 PM berjalan dari Inner Inn ke Blue Bar, pk 06.00 PM-pk 08.00 PM di kamarnya, pk 08.00 PM ­ pk 10.00 PM bekerja di Blue Bar.
  • Jadwal tanggal 3 & 8 : Pk 10.00 AM ­ pk 11.00 AM di kamarnya, pk 11.00 AM ­ pk 04.00 PM bekerja di Bar, pk 04.00 PM ­ pk 04.30 PM berjalan ke Inner Inn, dan seterusnya sama.
  • Trik Cepat mendapatkan Muffy : Gadis yang sangat mudah didekati walaupun ia pernah patah hati. Cukup berikan bunga setiap hari saat ia berada di kamarnya ataupun di Bar. Event dengan Muffy sangat banyak jadi jawablah pertanyaan saat event dengan bijak maka hatinya cepat berubah. Saat kamu ke kamarnya dan ia menanyakan apakah kamu menemuinya atau Griffin, pilih opsi pertama.
  • Even Heart Muffy :
    - First Encounter?
    (1 hati)
    Keluar dari rumah sekitar pagi menjelang siang. Kalian akan melihat anjing kalian mencoba menyerang Muffy. Ambil pilihan "are you hurt" dan dia akan pulang ke rumahnya

    - Breaking Dish? (2 hati)
    Masuki Blue bar. Dia akan senang jika kalian mangmbil pilihan untuk mendengarkannya

    - Whom You Want to Meet? (2-3 Hati)
    Masuki ruangannya saat dia ada di dalam. Dia akan bertanya apa kalian ingin bertemu dengannya atau dengan Griffin,ambil pilihan pertama

    - Friend's Wedding? (3 hati)Keluar dari rumah kalian menuju sungai. Muffy akan maminta kalian untuk mendengarkannya. Ambil pilihan "you belong here" untuk membuatnya senang

    - One Night? (4 hati)Tidurlah antara jam 6-8pm.. Muffy akan mengetuk pintu rumah kalian dan ingin menginap di rumah kalian karena dia merasa ada yang mengikutinya dari belakang. Jika kalian mengizinkannya, Griffin akan datang dan membawa Muffy pulang dan Muffy akan berterima kasih pada kalian

    - Dating? (4 hati)
    Masuki Blue Bar saat siang.. Muffy akan berkata bahwa dia sedang bosan. Jika kalian mengajaknya kencan,dia akan setuju dan setelah pulang,dia akan berkata bahwa dia bersenang-senang hari itu

    - I'm Really on to You? (4 hati)
    Event ini akan kalian dapatkan jika kalian memilih untuk menikahi wanita lain. Saat kalian masuk ke dalam rumah,Muffy akan datang dan dia akan berkata bahwa dia kecewa pada kalian,lalu dia pulang sambil menangis

    - The Bridge 1 Setelah menikah dengan wanita lain,pergilah ke sungai. Dia akan berkata bahwa dia patah hati dan dia mencintai pria yang sudah menikah

    - The Bridge 2Keluar dari rumah dan pergilah ke sungai. Dengarkan Muffy

    - Not Young AnymmoreChapter 5, tidak menikahi Muffy. Pergi ke Bar. Kalian akan melihat event Muffy dan Griffin.
     
  •  
    Nami

    http://images1.wikia.nocookie.net/__cb20100515213360/hm/images/2/2d/Nami_couple_(OWL).jpg
  • Ciri-Ciri : Gadis yang Tomboy alias bersifat seperti laki-laki ini memakai kemeja berkotak dan celana pendek. Nami bersifat sangat dingin bahkan saat kamu memberinya hadiah-pun ia bersikap dingin padamu. Ia tidak bermaksud lama tinggal di desa tapi mungkin kamu bisa mengubah pendiriannya.
  • Tempat Tinggal : Lantai 2 kamar di kiri tangga Inner Inn
  • Pekerjaan : Tidak Bekerja
  • Kesukaan : Clay Statues, Fossils, Blue Trick Flowers, Curry
  • Diary : Buku biru di atas meja kamarnya
  • Jadwal : Pk 09.00 AM ­ 09.30 AM berada di kamarnya, pk 09.30 AM ­ pk 12.00 PM berjalan dari Inner Inn ke Spring, pk 12.00 PM ­ 05.00 PM berada di Spring, pk 05.00 PM ­06.40 PM berjalan dari Spring ke Blue Bar, pk 06.40 PM ­ 09.00 PM berada di dalam Blue Bar, pk 09.00 PM ­ 10.00 AM berjalan dari Blue Bar ke ladang belakang Blue Bar, pk 10.00 PM ­ 10.20 PM berada di ladang, pk 10.20 PM ­ pk 11.00 PM berjalan dari ladang ke Turtle Swamp, pk 11.00 PM ­ pk 11.30 PM di Turtle Swamp, pk 11.30 PM ­ pk 12.30 pulang perjalanan ke Inner Inn (kadang pk 10.00 PM ­ pk 12.00 PM berada di pekarangan rumah Cody ­Artist’s House).
  • Catatan : Jika ia bung kamar pk 10.00 AM maka jadwal mirip seperti tanggal 3 dan 8, biasanya pada hari turun salju di musim Winter.
  • Jadwal saat tanggal 3 & 8 : Pk 09.00 AM- pk 10.00 AM berada di kamarnya, pk 10.00 AM ­ pk 10.30 AM bung kamar ke halaman Inner Inn, pk 10.30 AM ­ pk 12.00 PM di halaman Inner Inn, pk 12.00 PM- pk 12.30 PM berjalan menuju rumah Daryl (Scientist’s House), pk 12.30 PM ­ pk 02.00 PM di halaman rumah Daryl, pk 02.00 PM ­ pk 02.50 PM berjalan dari rumah Daryl ke Turtle Swamp, pk 02.50 PM ­ pk 04.10 PM di Turtle Swamp, pk 04.10 PM ­ pk 04.35 PM berjalan dari Turtle Swamp ke Beach (pantai), pk 04.35 PM ­ pk 10.00 PM di Beach, pk 10.00 PM ­ pk 11.30 PM berjalan dari Beach menuju pohon besar yang terletak di tengah antara Inner Inn dengan rumah Gustafa (Bard’s House), pk 11.30 PM ­ pk 12.00 PM berada di pohon besar dekat Inner Inn ini, pk 12.00 PM ­ pk 12.45 AM perjalanan ke Inner Inn, pk 12.50 AM ­ pk 01.30 AM di kamarnya.
  • Event Heart :
    - First Encounter? (1 hati)
    keluar dari rumah saat siang. Nami akan melihat-lihat peternakan kalian. Ambil pilihan "what ever you say"

    - Bar Chat? (2 hati)Masuk ke bar saat Nami, muffy dan Griffin ada di dalam. Ambil pilihan 1 lalu pilihan 2 untuk menceritakan kenapa kalian datang ke desa ini. Saat Nami pulang, dia lupa membayar minumannya, jika kalian membayarnya, Muffy akan berkata bahwa kalian baik hati.

    - Nami's Gone? (3 hati)
    Masuk ke rumah kalian saat jam 8pm, Tim dan Ruby akan datang dan bertanya apa kalian melihat Nami. Ambil pilihan untuk membantu mencarinya. Setelah kalian menemukannya, Nami akan berkata pada kalian bahwa dia baik-baik saja



    - Nami's Letter? (4 hati)
    Masuk ke penginapan saat malam hari (10pm), saat Nami ada di dalam. Tim mendapat telepon dari ayah Nami. Setelah event,Nami akan bertanya apa dia bisa bekerja di peternakan kalian, jika kalian menjawab boleh, dia akan senang.

    - Out of Money? (4 hati)
    Masuki penginapan saat malam hari di winter,Tim akan bertanya kenapa kalian datang, jawab untuk bertemu dengan Nami dan Tim akan senang. Lalu Nami akan turun dan pergi keluar, ikuti dia dan kalian akan menemukannya menangis di pantai. Nami akan menjelaskan bahwa dia kehabisan uang dan harus meninggalkan desa. Kalian bisa berkata bahwa dia bisa tinggal bersama kalian (artinya kalian melamarnya) dan dia akan setuju.

    - Nami's Back?

    Tidak menikahi Nami,masuki bar saat malam setelah patrick masuk.. Cody dan Patrick akan berkata bahwa mereka kesepian setelah Nami pergi. Lalu Carter datang dan berkata bahwa dia melihat Nami. Jika kalian mengambil pilihan untuk mengejarnya, Cody, Gustafa dan Patrick akan menemukan Nami. Tim akan menawarkan Nami untuk tinggal di penginapan. Ambil pilihan "yes" untuk membuat Nami senang. 

               KARAKTER SETIAP ANAK 







 Di Chapter 2 kamu sudah memiliki anak jadi kamu harus mengajari anakmu agar nantinya jadi orang yang berguna. Otomatis kamu mendapat anak laki-laki dan perempuan. Untuk berinteraksi dengan anak cukup berbicara dengannya (tekan X). Saat ia berteriak “Daddy Pick me up” atau “Pick me uuuuup.” Maka angkatlah (tekan SEGITIGA). Ada 5 pilihan tombol yaitu :

  • Tombol Atas : Melempar & menangkap anak (melakukan Toss)
  • Tombol KOTAK : Menepuk badannya untuk menyayanginya (tanda not balok)
  • Tombol SEGITIGA : Mengelus-elus pipi anak dengan pipimu menyayanginya (tanda Love)
  • Tombol X : Berbicara dengannya (tanda Talk)
  • Tombol O : meletakkan anak kembali ke lantai (tanda Put Down)

Setiap istri yang kita nikahi di Harvest Moon A Wonderful Life Special Editions memang berbeda, begitu pula anak yang mereka lahirkan. Anak emiliki bakat, kemampuan genetik, kesukaan, dan sifat yang berebda-beda. Bakat dan kesukaan dapat kita ubah, tetapi sifat tidak bisa dibawah ini saya akan memberitahu sifat dan karakter setiap anak.

Anak Muffy:
  • Sifat : Periang dan senang berada di luar rumah
  • Pakaian : Warna merah dan biru
  • Rambut : Blonde (pirang)
  • Warna Mata : Hijau
  • Anak Muffy ini mewarisi sifat ibunya dan agak sedikit nakal tapi secara keseluruhan ia merupakan anak yang suka berada di dekat hewan ternak dan suka berada di luar rumah. Menurut saya anak Muffy paling mudah diurus jika kamu tidak mau repot pilih Muffy saja jadi istrimu.
Karir – Ketertarikan – Kemampuan Genetik
  • Animals/Binatang – Sangat tinggi – Sedang
  • Artist/Seniman – Sangat rendah – Rendah
  • Athlete/Atlit – Sangat tinggi – Sangat tinggi
  • Music/Musik – Tinggi – Sangat tinggi
  • Plants/Tanaman – Sangat rendah – Sangat rendah
  • Scholar/Sarjana – Sangat rendah – Sangat rendah
Anak Celia:
  • Sifat : Menyukai alam, sedikit pemalu, dan suka berada di luar rumah
  • Pakaian : Semuanya berwarna hijau dari baju hingga topi
  • Rambut : Coklat
  • Warna Mata : Hijau
  • Anak Celia merupakan pilihan tepat jika kamu tidak mau repot-repot membawanya mengunjungi penduduk desa. Cukup tunjukkan hasil panen dan tanaman maka ia menyenanginya, sama halnya dengan ibunya maka anak Celia juga manis dan lucu.
Karir – Ketertarikan – Kemampuan Genetik
  • Animals – Tinggi – Sangat tinggi
  • Artist – Rendah – Tinggi
  • Athlete – Rendah – Rendah
  • Music – Rendah – Rendah
  • Plants – Sangat tinggi – Sangat tinggi
  • Scholar – Sangat rendah – Rendah
Anak Nami:
  • Sifat : Pendiam, Cool, dan pintar
  • Pakaian : Semuanya berwarna biru
  • Rambut : Merah
  • Warna Mata : Biru
  • Anak Nami menurut saya merupakan anak yang sukar dilatih maupun dikembangkan minatnya. Satu-satunya yang menarik minatnya adalah menjadi Seniman/Artist. Sifatnya pendiam dan kamu perlu kesabaran mengembangkan minatnya.
Karir – Ketertarikan – Kemampuan Genetik
  • Animals – Sangat Rendah – Tinggi
  • Artist – Sangat Tinggi – Sangat Tinggi
  • Athlete – Sangat Rendah – Sangat Rendah
  • Music – Rendah – Tinggi
  • Plants – Tinggi – Tinggi
  • Scholar – Rendah – Sangat Tinggi
Anak Lumina

Anda bisa mendapatkan anak perempuan dari Lumina di game ini.Caranya di year 1, kunjungilah rumah Harvest Spirit dengan cara memakan jamur berwarna merah yang ada disitu (ada 2). Jalanlah menuju 3 pot yang ada disitu. Klik pot itu sebanyak 100X, dan Mr Pot akan bilang "You Win". Bicaralah ke salah satu Harvest Spirit dan ia akan bertanya apakah kamu ingin "son (anak laki2)" atau "daughter (anak perempuan)". Pilih daughter dan di year 2 anak kamu adalah anak perempuan.
  • Sifat : Manja, suka bermain dan lebih suka berdiam di dalam rumah
  • Pakaian : Semuanya berwarna coklat kecuali baju berwarna krem tua.
  • Rambut : Coklat Pirang
  • Warna Mata : Coklat
  • Anak Lumina ini lebih suka berada dalam rumah, jika kamu meninggalkannya di luar rumah maka ia akan kembali sendiri ke rumah. Selain itu ia juga suka meminta digendong dan melakukan toss tapi tidak suka mandi, kadang suka membantah tidak mau tidur saat Lumina menyuruhnya tidur. Ia lebih sering terlihat mendekati alat pemutar piringan hitam musik dan di dapur.
Karir – Ketertarikan – Kemampuan Genetik
  • Animals – Rendah – Rendah
  • Artist – Sangat Rendah – Rendah
  • Athlete – Rendah – Rendah
  • Music – Sangat Tinggi – Sangat Tinggi
  • Plants – Tinggi – Rendah
  • Scholar – Sangat Tinggi – Tinggi 

Cara mendapatkan anak perempuan : 

  kira2 sekitar musim summer lah, kamu datang ke rumah peri harvest, makan dulu jamur nya agar kamu bisa masuk,
lalu bicara pada semua peri harvest masing2 1x saja, lalu bicara pada pot besar kira2 100x 

kata2 pertamanya adalah "ada sesuatu di dalam sini" dan jika km berhasil dia akan mengatakan "anda menang"
jika sudah seperti itu lalu bicara kepada flat (peri harvest yg gendut dan make baju warna kuning"
lalu saat berbicara dengannya km akan di beri pilihan, pilih saja "I want a daughter(anak perempuan)"
lalu bicara lagi ke pada pot besar tadi dan dia akan berkata "suatu saat nanti aku akan mengwujudkan ke inginan mu, kembali lagi nanti"
lalu dekati lumina sampai hatinya 4 lalu lamar dia dengan bulu biru, lalu tunggu sampai akhir musim dingin kamu akan mendapatkan anak perempuan

NB : anak perempuan hanya bisa di miliki jika kamu menikahi lumina

semoga berhasil
 

          KARIR ANAK

    Karir anak merupakan hal penting yang harus kamu kembangkan. Kemampuan Karir tergantung dari berteman dengan benar, memberikan hadiah yang benar, serta memberikan mainan yang benar. Selain itu kamu bisa menunjukkan ankmu pada setiap orang, untuk yang berkomentar baik tentang anakmu bisa kamu tinggalkan sebentar di rumahnya. Berikut sedikit penjelasan tentang karir dan apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan skill-nya yaitu :
 
Scholar/Ilmu Pengetahuan/Sarjana
   Scholar adalah pengembangan minat anak terhadap ilmu pengetahuan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan minatnya yaitu :
1.     Berteman baik dengan Daryl, Carter, maupun Flora
2.     Memberikan mainan Toy Car (mobil-mobilan) atau Blocks (puzzle)
3.     Menunjukkan hasil penggalian berupa Ore seperti Moon Ore dan Sugar Ore
4.     Bawa anakmu ke tempat Daryl (Scientist House) dan tempat Carter (Dig Site)
5.     Saat Chapter 3 baca buku The Seven Wonders
6.    Jika berteman baik dengan Flora dan Carter maka di Chapter 3 ia memberikan       
       Necklace yang bisa kamu berikan pada anakmu.
7.   Memerah susu sapi/kambing dengan Milker serta mencukur bulu domba dengan  
      Electric Razor.
 
Plants/Tanaman/Ahli Botanis
   Plants adalah mengembangkan kemampuan anakmu terhadap tumbuhan (ahli Botanis gitu deh). Hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan minatnya yaitu :
Menunjukkan Bunga, Hasil panen, tanaman liar, Bibit (Seed)
1.     Berteman baik dengan Celia, Vesta, dan Marlin
2.     Bawa anakmu ke Vesta’s Farm atau cukup tinggalkan di tanah pertanianmu sendiri.
3.     Sesering mungkin membeli pupuk/fertilizer dan menggunakannya pada rumput 
        ataupun tanaman
4.     Menanami ladang dengan banyak pohon buah maupun tanaman sayuran
 
Animals/Hewan
   Animal adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap hewan (mungkin untuk menjadi Peternak atau Dokter Hewan???). Hal yang bisa menaikkan minatnya yaitu:
1.     Menunjukkan hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan sebagainya
2.     Menunjukkan bayi atau anak sapi (Cattle), serta Ayam (Chickens)
3.     Bawa anakmu ke Barn dan Chicken Coop di tanah pertanianmu
4.     Membaca buku ‘I love Pets!”
5.     Memerah susu sapi/kambing dengan tangan dan gunakan Wool Shears (pencukur 
        biasa) pada dombamu atau gunakan Milking Room saja.
6.     Menerima Kucing dari Romana serta berteman baik dengan Romana
 
Artist/Seniman
   Artist adalah kemampuan anakmu terhadap hal-hal yang berhubungan dengan seni termasuk melukis maupun memahat. Hal yang bisa membantu mengembangkan minatnya yaitu :
1.     Tunjukkan Moon Ore dan Sugar Ore dari hasil penggalian
2.     Berteman baik dengan Cody, Patrick, Kassey, maupun Sebastian
3.     Bawa anakmu ke rumah Cody (Artist’s House), rumah si kembar Patrick & Kassey (Fireworks Maker) ataupun ke Villa tempat Sebastian berada.
4.     Tunjukkan selalu mainan Scratchpad pada anakmu
5.     Baca buku “Colors” dalam ruangan
6.     Jika berteman baik dengan Cody maka ia akan memberikan lukisan yang bisa kamu pasang di rumahmu ataupun kandang ayam.
 
Music/Musik
  Music adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap dunia musik. Anak Lumina sangat menyukai musik jadi hal-hal yang bisa mengembangkan minat musik adalah :
1.     Berteman baik dengan Gustafa, Lumina (jika kamu tidak menikahinya), Romana, ataupun Griffin
2.     Bawa anakmu ke tenda Gustafa (Bard’s House). Blue Bar, Inner Inn dan Villa merupakan alternatif
3.     Dapatkan drum set dari Gustafa untuk diberikan pada anakmu saat Chapter 3, itu jika kamu berteman baik dengannya. Kamu juga bisa mendapatkan Sheet Music jika berteman baik dengan Lumina tapi bukan menikahinya lho..^^.




 Athlete/Atlit/Olah Raga
   Athlete adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap dunia olahraga terutama Atletik. Hal-hal yang bisa membantu yaitu :
-  Selalu menunjukan Bola/Ball biru yang dibeli dari van padanya
-  Berteman baik dengan Wally dan Hugh
-  Bawa anakmu ke rumah Wally
-  Sering-seringlah berjalan kaki dibandingkan menunggangi kuda
- Setelah ia tumbuh lebih besar di Chapter 3 n 4 mk barang2 di kamarnya bisa menunjukkan    tingkat kesukaannya krn anakmu sudh  mempunyai kmr sendiri.


   RESEP MASAKAN TETANGGAMU 

 Di bawah ini merupakan beberapa resep pada rumah-rumah tetanggamu :

Resep di rumah Tim :

Salad :  lobak
Salad Tomamelo : tomat dan melon
Salad Tomakya : tomat dan wortel
Sup Kansho : ubi (sweet potato) saja
Sup Tomatoma : tomat dan wortel
Hidangan Utama : ikan dan mentega
Sub menu : ikan saja
Stew : Kentang , wortel dan susu

Resep di villa Romana :
Salad Marinade : ikan + mugwort + lobak / tomat
Sup penih gizi : kentang dan wortel
Bernyo de Soule (sweet menu) : 3 jenis buah-buahan
Sub menu : 2 jenis sayur dan mentega

Resep di rumah Vesta :
Sayus : kentang , wortel dan lobak
Kari - Hidangan Utama : kentang , wortel , bumbu dari Ruby

Resep dari rumah Wally :

Salad : telur , tomat , gretoma (generasi ke-2 penggabungan dari benih tomat dan anggur melalui tartan)

Resep di rumah Grant :
Sweet menu : mentega , susu , telur
Sub menu : strawberry , mentega , telur
Kue / Cake : wotel , susu , telur

Resep di rumah Dr. Hardy :
Omelet - Hidangan utama : telur dan mentega

Resep di rumah Takakura :
Sweet menu : 2 jenis buah-buahan dan susu

Resep di rumah Gustafa :
Salad : 2 jenis buah-buahan dan tomat

Resep di rumah Galen (yang baru) :
Sweet menu : tomat , susu , telur

dan masih banyak lagi :)
P.S awalnya kamu hanya mempunyai 2 pilihan saat memasak , tetapi jika kamu sudah mulai membuat banyak makanan jenis baru , kamu akan mendapat tambahan pilihan menu ^^



       Hewan Peliharahan 


  •  Kura-Kura ( Versi GC )
Bertemanlah dengan Cody, dan pada tahun ke-4 atau lebih , setelah kamu mendapatkan sickle dan patung dari cody, kamu akan melihatnya bersama dengan kura-kura di Turtle Swamp. Memancinglah disana lalu Cutscene akan terjadi bahwa kamu tercebur. Lalu Cody dan kura-kura itu menolongmu. dan keesokan harinya , kamu akan diberi kura-kura oleh Cody.
  • Rakun ( Versi GC )
Bertemanlah dengan Vesta dan adiknya Merlin. Setelah kamu mendapat Veggie Juice, Weird Hoe, dan record kamu akan diberi rakun oleh Vesta,
  • Chihuahua
Bertemanlah dengan Carter dan dapatkan setiap tablet per tahunnya. maka, di Year 6 ia akan memberimu Chihuahua
  • Kucing


    Kamu baru akan dapat kucing jika kamu berteman dengan Romana, si nenek baik hati yang tinggal di sebuah villa. Jika sudah berteman dengan dia, maka dia akan mengunjungimu untuk memberikan sebuah hadiah berupa kucing berwarna hitam, berciri-ciri seperti kucing dan tentu saja ibu dan bapaknya adalah kucing, dengan sikap layaknya seperti kucing.

   Kucing itu sebenarnya tidak terlalu berguna di Harvest Moon, karena ia tak berguna, cuma sekedar koleksi hewan aja. Kucing di beri makan sama seperti anjing, di satu kotak makanan , jadi kamu harus rajin-rajin untuk mengisi kotak makanan. Kucing hanya akan memperoleh kebahagiaannya jika kamu memberinya makanan saja.
  • Bebek
Belilah kolam di Year 1. Lalu pada musim panas di Year 2 kamu akan mendapatkan 2 bebek (jantan dan betina)
  • Anak Bebek
Anak bebek akan menetas di telur yang dierami ayammu. INGAT!!! Bebek tidak menghasilkan telur
  • Kadal ( Versi GC )
Bertemanlah dengan Muku-muku (makhluk besar yang imut yang hanya datang di musim salju). lalu pada suatu hari di musim salju, datanglah ke Spring dan Cutscene akan terjadi. Lalu setelah itu Muku-muku memberimu Kadal,
NB: setelah kamu melengkapi Nices

  • Burung Hantu ( Versi GC )

Bertemanlah dengan semua orang tanpa terkecuali di Forget Me Not Valley. Lalu kamu akan diminta membersihkan Goddes Spring, setelah itu Harvest Sprites akan memberimu burung Hantu, sebelum kamu mendapatkannya. Terkadang, burung hantu tersebut dapat kamu lihat di pohon besar tempat tinggal Harvest Sprites.

  •     Cows/Sapi



         Sapi akan memakan Fodder yang bisa kamu taruh pada Feedbox yang tersedia di Barn. Jika lewat tengah hari, Fodder ini belum dimakan juga maka kamu harus menyuapi sapi ini. Kamu juga bisa membuat Fodder dengan memotong rumput, dan ambillah Fodder dari Barn’s dispenser. Jika cuaca bagus maka bawalah sapi keluar kandang untuk mengurangi stress dan menjaganya tetap sehat. Untuk mengeluarkan Sapi dari kandang cukup tekan tombol merah di pintu belakang luar kandang menuju padang rumput tapi kamu juga bisa mendorongnya ke arah pintu, ingat jangan bawa keluar sapi saat hari hujan. Kamu tidak perlu meletakkan Fodder lagi pada Feedbox jika sapi telah dibawa keluar.. Jangan sampai sapi stress atau lapar karena membuatnya sakit. Jika sapimu sakit maka gunakanlah Animal Medicine untuk menyembuhkannya, jika kamu abaikan maka sapimu akan mati. Untuk menjaga sapi tetap sehat maka selalu bicara dengannya dan sikat setiap hari, jangan sesekali membangunkan sapi yang sedang tidur karena membuat hatinya tidak senang. Untuk sapi yang sakitnya tidak terlalu parah cukup berikan satu Animal Medicine sehari tapi jika tidak mempunyai efek apa-apa berikanlah lebih dari satu Animal Medicine sehari. Kamu harus memberi makan sapi dengan menyodorkan fodder dari tangan saat ia sakit atau tidak mau memakan fodder dari tempatnya hingga ia sembuh dan mau memakan fodder langsung dari tempatnya.




        Jika kamu mempunyai sapi dewasa dan memberikannya Miracle Potion maka sapi akan hamil selama 18 hari. Setelah kehamilan berumur 15 hari maka sapi akan dikarantina pada pagar besi di kandang selama 3 hari, setelah itu Calf (bayi sapi) akan lahir. Anak sapi ini otomatis ditempatkan dalam tenda di padang rumput selama 9-10 hari


Seekor sapi betina dapat diperah susunya terus menerus selama 40 hari (satu tahun). Gunakan Cow Milker untuk memerah susu tapi hanya sapi yang sehat dan bahagia yang bisa diperah susunya. Asyiknya kamu bisa memerah susu beberapa kali dalam satu hari, makin bahagia sapi betina yang kamu pelihara maka makin banyak susu yang dihasilkan. Buatlah sapimu bahagia hingga bisa diperah susu kualitas S yang merupakan kualitas terbaik. Sapi betina yang sakit tidak akan menghasilkan susu, demikian juga dengan sapi yang sedang hamil maka selama kehamilannya tidak akan menghasilkan susu. Setelah melahirkan pun susunya harus kamu berikan pada anak sapi jadi tidak bisa dijual. Selain sapi betina yang awalnya kamu dapatkan maka jika kamu membeli sapi betina baru maka sapi betina baru ini tidak akan menghasilkan susu hingga kamu kawinkan dengan sapi jantan. Setelah melahirkan barulah sapi betina ini akan menghasilkan susu jadi segera kawinkan dengan sapi jantan milikmu (gratis) ataupun dengan sapi jantan dari kota (bayar). Untuk mengawinkan sapi ini pergilah ke Food Storage dan pilih bagian Order Miracle Potion. Keesokan harinya atau mungkin 2 hari kemudian, Takakura akan memanggilmu ke Barn untuk melihat caranya mengawinkan sapi walaupun kemudian kamu disuruh keluar.ToT.


Kamu bisa menyayangi sapi dengan 3 cara yaitu:

  • Berbicara (Talk) terhadapnya dengan berdiri menghadap ke belakang sapi (tekan tombol X)
  • Menyayanginya (tanda Love) dengan berdiri berhadapan dengan muka sapi (tekan SEGITIGA) maka kamu akan mengelus-elus sapi ini
  • Menyikatnya (tekan X untuk Brush) saat berdiri di samping sapi tapi harus memegang sikat. Selain itu bisa memandikannya (Wash) jika berada dekat bak air di padang rumput (tekan SEGITIGA) saat memegang sikat.
  • Membelikan sapi jantan untuk sapi betina maka hatinya akan senang sekali apalagi jika kamu mengawinkannya.

Tapi ingat jangan berbicara, menyayangi, ataupun menyikat sapi yang sedang tidur karena ia tidak akan senang (tanda benang kusut hitam).


Jika kamu sampai kehabisan rumput maka jangan membabat rumput di padang rumput karena sia-sia saja, rumput ini harus dipupuk dulu biar subur barulah setelah beberapa hari rumput saat rumput tumbuh hijau sekali maka rumput tersebut dapat dipotong untuk otomatis berada di Barn’s dispenser. Segera beli Good Fodder pada Takakura walaupun cukup mahal tapi itulah jalan satu-satunya jadi untuk mencegahnya segera beri pupuk pada rumput di belakang Barn.


Ada beberapa jenis sapi yaitu Normal Cows, Star Cows, Brown Cows, dan Marble Cows yang masing-masing menghasilkan susu yang berbeda.
     Cara Mendapatkan Grade S Milk tanpa membutuhkan Good Fodder:

Ini adalah tips cara mendapatkan Grade S milk tanpa menggunakan Good Fodder (Sumpah, ini bukan rekayasa atau tipuan, karena saya juga mendapatkan grade S milk tanpa memberinya Good Fodder satu kalipun). Caranya sebagai berikut:
  1. Berilah sapi anda makanan dua kali sehari. Sekali lagi, kalau anda tidak punya, biarkan sapi anda di ladang
  2. Sikat dia 2 kali sehari dan cuci dia sekali-kali (mungkin 2 hari sekali)
  3. Bicara ke dia, dan sayangi dia 2 kali sehari
  4. Tunggu 2-3 hari jika anda melakukan cara diatas, maka "grade" susu anda akan naik dari misalnya C ke B, atau dari B ke A.
  5. Lakukan cara ke 1-3 sampai Grade susu sapi anda A
  6. Tetap lakukan cara ke 1-3 setiap hari. Lalu, setelah 3-4 hari, maka "Grade" susu anda akan naik dari Grade A ke Grade S!!! Selamat mencoba....
    TIPS:
Ingat, untuk mendapatkan Grade S, kesehatan sapi anda haruslah penuh. Jika tidak, anda tidak bisa mendapatkan Grade S pada susu sapi perahan anda. Anda bisa mengecek kesehatan sapi anda di buku harian, kemudian pilih Assets. Dan jangan lupa, untuk mendapatkan susu sapi anda Grade S, kulit sapi anda harus bersih (untuk membersihkannya anda bisa memencet tombol segitiga (wash) ke sapi anda di dekat pancuran air di sebelah pojok kiri pasture).



  •       Sheep/Domba

       Sama halnya dengan sapi, domba juga memakan Fodder dengan menaruhnya di Feedbox. Kamu juga harus menyuapi domba jika ia tidak menyentuh makanannya setelah lewat setengah hari. Domba juga bisa dibawa keluar dan harus diperhatikan kesehatannya.


Gunakan Wool Shears untuk mendapatkan Wool dari domba, jika kamu mencukur bulu domba maka perlu 10 hari untuk bulunya tumbuh kembali. Kualitas Wool ditentukan oleh kondisi domba, semakin sehat domba maka semakin baik kualitas Wool yang dihasilkan. Agar domba bahagia maka perlu disikat setiap hari dan diberi makan maka domba nantinya bisa menghasikan Wol emas (Gold Wool).


     Untuk domba kamu harus membelinya dengan memesan pada Takakura untuk membelikan domba ini di kota. Domba yang bisa kamu dapatkan hanyalah domba jantan. Domba ditempatkan dalam Barn sekandang dengan Sapi.. Jika kamu menjual Domba ini maka cuma dihargai 750G. 
     Cara Mendapatkan Golden Wool
Anda ingin domba anda bisa menghasilkan Golden Wool?? Lihat saja cara-cara ini:
  1. Beri makan domba anda 1 kali sehari. Atau kalau anda miskin (;p), anda bisa mengeluarkan domba anda ke ladang.
  2. Bicaralah ke dia, dan Sayangi dia 2 kali sehari
  3. Sikat dia 2 kali sehari dan sekali-kali cuci bulunya. (anda bisa melakukannya dengan menekan segitiga ke domba anda dengan memegang sikat didekat air pancuran di pojok kiri utara)
  4. Tunggu domba anda sampai dia siap untuk dicukur
  5. Cukur dia, maka anda bisammendapatkan GOLDEN WOOL!!!




  •     Kambing

     kambing adalah salah satu hewan ternak yang bisa kamu pelihara, kamu baru bisa membeli kambing di tahun kedua dan pada saat spring saja.



    Cara merawat kambing tidak berbeda jauh dengan merawat sapi dan domba, namun perlu kamu ingatkan bahwa kambing akan menghasilkan susu selama 40 hari dan sehari hanya bisa menghasilkan satu susu saja. Setelah itu kambingnya tidak dapat menghasilkan susu kembali dan itu artinya saatnya menjual kambing, tapi kalian jangan di kurban kambingnya (ya iyalah di Harvest Moon kan tidak ada festival Idhul Adha), Takakura akan membantu menjua kambing tersebut walaupun tidak sepadan dengan harganya belinya.



  •  Kuda

   Pada musim kedua, Takakura akan memberikan kuda untukmu. Takakura sengaja memberikannya padamu, jadi kamu tidak perlu membayarnya, jenis kuda yang Takakura berikan kepadamu tergantung dari kerja keras

kamu terhadap mengurus kebunmu, warna putih jika kamu bekerja keras sungguh-sungguh, warna kuning jika kamu bekerja keras, warna coklat jika kamu bekerja biasa aja, dan warna hitam jika kamu malas bekerja



    Kuda tidak akan pernah sakit dan jarang makan dan kamu dapat menjelajahi desa dengan kudamu dengan demikikan kamu dapat menghemat waktu dan tenaga. Kuda adalah hewan yang paling mudah dipelihara, tapi namanya aja hewan, jika ia jarang di sentuh ataupun disikat bulunya maka kebahagiannya akan menurun. Inilah tips untuk mendapatkan kuda yang warna-warnanya terserah kalian mau :

- kuda hitam : tanggal 2 summer
- kuda coklat :
tanggal 3 summer
- kuda putih : tanggal 4 summer

itu pada tahun ke 1 . klo tidak tanggal itu, kamu dapat kudanya akan secara acak !
caranya kamu pesan di orderan good fodder atau bird feed pada pagi hari jam 3.00 am lalu jam 12 siang kamu akan mendapatkan kuda tersebut !



  • Ayam
     Kamu dapat memesan ayam pada Takakura, ia menjual ayam jantan dan betina, ayam yang kamu pesan langsung di antarkan di kandang ayam.



     Ayam memerlukan pakan burung untuk makanannya, untuk itu kamu harus membeli pakan burung di Takakura, satu bungkus pakan burung cukup untuk memenuhi makanan ayamu jika sedikit, jika banyak pasti cepat habis. Jika kamu sudah memiliki kandang ayam terbuka, kamu dapat menaruh ayam-yamu ke situ dan mereka tidak perlu di beri makan lagi karena mereka bisa cari makanan sendiri



     Ayam akan menghasilkan telur, jika di kandang kamu ada ayam jantan, maka ayam betina kamu bisa menghasilkan telur subur yang bisa di tetaskan menjadi anak ayam. Hanya ayam betina yang sehat dan bahagia saja yang bisa menghasilkan telur emas yang jika dijual bisa mencapai 600 G.
    
   Cara mendapatkan Golden Egg dengan Mudah

Anda pasti ingin ayam anda mengeuarkan golden egg, kan??? Karena harganya jauh lebih mahal ketimbang telur biasa (egg). Untuk mendapatkan golden egg tidaklah sulit, tetapi harus rutinitas setiap hari. Caranya sebagai berikut: (ingat ini berlaku untuk yang betina)
  1. Selalu beri makan ayam anda dan berilah animal medicine jika ayam anda sakit
  2. Tekan X ke ayam tersebut kemudian tekan segitiga, lalu tekan X lagi. Lakukan cara ini 2 kali sehari
  3. Lakukan 2 cara diatas sampai hati ayam betina anda penuh
  4. Maka ketika kamu mengecek telur yang dieraminya, anda akan mendapatkan GOLDEN EGG!!!
  •    Ikan 
Saya akan memberitahu anda harga ikan yang mungkin akan menghasilkan banyak gold bila kita jual ikan tersebut. Bagi ikan yang harganya murah, mungkin tidak saya cantumkan. Jadi mohon maaf...
    Huge

Huge Sharshark : 2500 g / 3000 g
Huge Yamame   : 2000 g / 2400 g
Huge Arna         : 1500 g / 1800 g
Huge Rainbob    : 500 g / 600 g
Huge Huchep     : 200 g / 240 g
Huge Colombo   : 100 g
  
     Big
Big Sharshark : 1200 g / 1440 g
Big Yamame   : 1000 g / 1200 g
Big Arna         : 800 g / 960 g
Big Rainbob    : 150 g / 180 g
Big Huchep     : 170 g / 204 g
Big Nyamame : 130 g / 156 g
     Biasa (Tidak ada embel-embel Huge, Big atau Tiny)

Sharshark : 600 g / 720 g

Yamame   : 500 g / 600 g

Arna         : 400 g / 480 g

Rainbob    : 80 g



TIPS:

  1. Untuk mendapatkan ikan jenis Sharshark, Yamame, dan Arna dibutuhkan waktu yang lama sekitar 1 jam di harvest moon. Dan gelombang airnya bergelombang lebih dari 6 kali dengan tempo yang lambat. Dan akan beriak 30 - 40 kali riak air
  2. Jualah ikanmu ke Van, jika dia menawarkan harga awal, bilang "No". Maka ia akan menaikkan harga jualmu. Jika belum, lakukan berulang ulang sampai dia menaikkan harganya
Categories:

1 komentar:

  1. Saya mau ikut komen-komenan nih :D boleh enggak ?? kalau mau, balas komentar saya di sini "http://situsalfi.blogspot.com/2013/01/mau-bikin-website-hosting-murah-abizz.html" makasih :)

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!